Lombok Trip Highlights


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, pantai tanjung aan

Menutup tahun 2015 saya melakukan perjalanan mengunjungi Lombok. Perjalanan ini sekaligus juga membuka tahun 2016 yang semoga akan membawa keajaiban - keajaiban baru buat saya. Walaupun baru ada satu rencana travelling di tahun 2016 ini, tapi yah semoga saya akan terus bisa travelling dan mendapat pengalaman baru di sepanjang tahun nanti.
 
Ini adalah pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Pulau Lombok, makanya saya sangat bersemangat sekali dengan perjalanan ini. Biarpun semangat tapi tetap aja seperti biasa saya selalu malas membuat rencana apalagi itinerary mau kemana aja pas di Lombok. Saya memang orangnya gitu, sukanya yang santai dan nggak ribet sama perencanaan kalau mau travelling. Kadang research tempat yang mau saya datengin aja suka malas, lebih suka tau pas udah datengin tempatnya aja. I love surprise!

Apalagi setelah tau tempat wisata di pulau Lombok itu ternyata banyak banget dan letaknya bisa dari ujung ke ujung. jadi bikin bingung banget kan nyusun rencananya, boro - boro bikin itinerary. Makanya saya sih niatnya cuma mau liburan yang nyantai aja. Paling santai - santai menikmati suasana pantai Lombok, tapi saya penasaran juga sih di Lombok ada apaan aja. Gimana dong? 


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, pantai tanjung aan

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai,


Selama ini yang sering saya dengar tentang Lombok adalah Gili Trawangan. Betapa ajaibnya tempat ini sehingga membuat orang merasa nggak seperti berada di Indonesia saat berkunjung ke Gili Trawangan. Sebenarnya selain Gili Trawangan, masih banyak sekali tempat - tempat menarik yang bisa dikunjungi di pulau Lombok. Mulai dari gunung, perbukitan, pulau - pulau kecil hingga pantai, landscape pulau ini memang benar - benar membuat Lombok memiliki banyak tempat dengan pemandangan yang luar biasa indah. 

Saya memilih menginap di salah satu resort di daerah Senggigi. Letak resortnya di pantai Mangsit dan punya akses langsung ke pantainya, lumayan jadi bisa santai - santai di pantai sesuai keinginan saya. Walau harus menempuh jarak yang lumayan jauh dari Bandara menuju Senggigi, saya rasa area ini cukup strategis, terdapat beberapa spot pantai dengan banyak hotel dan restoran di sepanjang area ini. Kalau mau nyebrang ke Gili Trawangan juga cukup mudah dari sini.

Walaupun niat awalnya cuma mau santai - santai aja di Lombok, tapi saya penasaran juga kan mau liat - liat di pulau ini ada apa aja. Masa iya cuma ada Gili Trawangan doang. Akhirnya saya pergi juga mengunjungi beberapa tempat di Lombok yang ternyata punya banyak banget pantai - pantai cakep. Mungkin belum ada setengahnya tempat - tempat di lombok yang saya kunjungi, tapi paling nggak saya sedikit tau ada apa aja di Lombok. Yang paling penting saya beneran merasa surprise dari sedikit yang sudah saya liat.

Jadi kemana aja saya waktu di Lombok?


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, Senggigi, mangsit

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai,  senggigi, mangsit

Dari Senggigi cukup mudah untuk menyebrang ke Gili Trawangan. Tinggal ke pelabuhan aja yang letaknya nggak gitu jauh dari Senggigi terus dilanjutkan naik boat ke Gili. Karena nggak mau ribet saya ambil paket tour ke tiga Gili dari hotel tempat saya menginap, tinggal duduk manis di boat yang udah nunggu di pantai depan resort trus jalan - jalan dan snorkling deh di Gili.

Selain Gili Trawangan masih ada dua Gili lain yaitu Gili Meno dan Gili Air. Ketiga Gili ini letaknya deket - deketan jadi bisa sekalian kunjungin tiga - tiganya. Selain keindahan pulaunya dengan pasir putih dan laut biru yang jernih, suasana di Gili terutama di Gili Trawangan tampak semarak dengan banyaknya bar, cafe, restoran dan turis - turis bule yang lalu lalang. Mungkin ini yang membuat orang merasa nggak kaya lagi di Indonesia.


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, Gili trawangan

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, gili trawangan

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, gili trawangan


Pantai lain yang saya datengin adalah pantai Kuta Lombok dan Tanjung Aan. Iya kamu nggak salah denger. Bukan cuma di Bali, di Lombok pun juga ada pantai bernama Kuta.  Di luar ekspektasi saya, pemandangan kedua pantai ini benar - benar bikin jaw drop. Beda banget dengan pantai Kuta di Bali. Surprise kayak gini nih yang saya suka kalau lagi travelling, karena sebelumnya saya nggak tau tentang kedua pantai ini.

Pemandangan alam di sekitar pantai - pantai ini masih terlihat asli. Di Pantai Tanjung Aan ada semacam tebing kecil yang kalau kita naik keatasnya bisa melihat pemandangan sekeliling pantai yang cakep banget. Pasir putih dan air laut yang jernih berwarna biru aquamarine berkilauan di terpa sinar matahari Lombok yang menyengat. Sayangnya sengatan matahari Lombok yang ganas luar biasa mengalahkan niat saya untuk berenang disini, padahal airnya menggoda banget untuk diceburi.


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, pantai tanjung aan

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, pantai kuta lombok

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, pantai kuta lombok


Sebenarnya yang membuat saya penasaran di lombok adalah gunung Rinjaninya, tapi kita harus melakukan pendakian untuk menaklukan Rinjani. Butuh persiapan banget kalau harus trekking di Rinjani, jadi saya harus cukup puas mengunjungi desa Senaru yang berada di kaki gunung berapi tersebut.

Daerah deket pegunungan ini bagian paling adem di Lombok. Udaranya sejuk khas udara pegunungan gitu. Atraksi wisata utama di desa Senaru adalah air terjun Sendang Gile dan air terjun Tiu Kelep. Saya cuma bisa sampe ke air terjun Sendang Gile karena waktu itu turun hujan. Karena hujan pula lah saya tidak sempat mampir ke desa tradisional yang ada di Senaru.


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, desa senaru, air terjun sindang gile

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, desa senaru, air terjun sindang gila, kaki gunung rinjani


Dalam perjalanan pulang dari desa Senaru saya melewati sebuah jalan yang jadi menarik karena
adanya kawanan monyet liar di tepi jalan ini. Monyet - monyet ini jadi betah nongkrong di tepi jalan   karena suka dikasih makan sama orang - orang yang datang melihat mereka.

Memang lucu sih kasih makanan ke hewan - hewan liar, tapi juga bisa memberikan dampak yang buruk buat hewannya sendiri dan lingkungan kita. Saya sendiri sebenarnya suka banget kasih makanan ke hewan - hewan liar, tapi mau mulai stop kasih makanan kalau ketemu hewan liar lagi karena nggak baik efeknya untuk lingkungan.

Karena letaknya di daerah pegunungan suasana disini jadi adem banget, banyak banget pohon disini karena termasuk kawasan hutan yang dilindungi. Bonusnya dari jalan ini kita bisa melihat pemandangan dengan landscape pegunungan.


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, monyet, hutan pusuk

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, monyet, hutan pusuk


Kebudayaan dan tradisi asli di Lombok masih tetap terjaga dengan adanya beberapa desa tradisonal yang masih mempertahankan adat istiadat dan tradisi suku asli mereka. Desa tradisional yang kaya gini menarik banget untuk dikunjungi. Setelah tidak sempat mampir ke desa tradisional di Senaru, saya mengunjungi desa tradisonal lain yaitu desa Sade. 

Di desa tradisonal ini kita bisa melihat kehidupan suku asli Lombok yaitu suku Sasak yang masih mempertahankan adat istiadat dan tradisi mereka. Salah satu tradisi unik yang membuat saya bengong adalah cara mereka mengepel lantai rumah menggunakan kotoran kerbau.


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, suku sasak, desa sade, desa tradisional

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, suku sasak, desa sade, desa tradusional


Mayoritas penduduk di pulau Lombok beragama muslim bahkan dijuluki pulau seribu masjid. Di  antara banyak masjid di Lombok terdapat juga pura tempat ibadah umat Hindu. Karena letaknya masih di daerah senggigi saya menyempatkan diri mengunjungi Pura Batu Bolong.

Sesuai namanya disini terdapat pura yang terletak di atas sebuah batu karang yang memiliki lubang besar di tengahnya. Terletak di pinggir pantai membuat pura ini terlihat cantik, disebut - sebut mirip dengan pura Tanah Lot di Bali.


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, pura batu bolong, senggigi

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, pura batu bolong, senggigi


Setelah seharian cape jalan - jalan biasanya saya lanjutkan dengan santai - santai sambil menikmati sunset. Karena resort tempat saya menginap punya akses langsung ke pantai Mangsit, saya jadi bisa bengong - bengong menikmati sunset yang keren disini. Nggak bosen - bosen saya nikmatin suasana sunset dari pantai ini tiap hari, bahkan dari sini kita bisa melihat gunung Agung di pulau Bali yang berada jauh disebrang lautan. Speechless!

Yang berkesan itu saat melihat sunset terakhir di tahun 2015. Ada haru - haru bahagia waktu melihat matahari terakhir di tahun 2015 perlahan - lahan turun dan terbenam. Saat melihat matahari yang mulai menghilang, tiba - tiba saya merasa bersyukur dengan semua yang sudah saya lewati sepanjang tahun itu. Bersyukur dengan semua kebaikan dan kesempatan yang sudah saya terima, bersyukur dengan perjalanan - perjalanan yang telah saya lakukan. Bahkan sampai diujung tahun itu masih diberi kesempatan menyaksikan indahnya pulau Lombok


Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, senggigi, mangsit, gunung agung balo, sunset

Lombok, pulau lombok, lombok island, indonesia, travel, travelling, wisata, jalan- jalan, pantai, senggigi, mangsit, sunset
Sunset terakhir di tahun 2015


Happy travelling and have yourself a fulfilling journey! 

12 comments:

  1. Keren bangetttt makasih udah sharing ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,,bagi rekan" yg mo travling ke lombok,, zullombok transport siapengantar anda kesmua tujuan wisata di lombok..from Internatuonal airport lombok dan ke smua tujuan,untuk info cal/watshap

      + 62 8223 7711 304
      Email : Zullombok73@gmail.com

      Salam,,, zullombok siap membrikan pelayanan prima

      Delete
  2. Cantiknya gambar sunset!

    http://www.fatindays.com

    ReplyDelete
  3. Kal bokeh tau nama resotnya apa ya mas..tq

    ReplyDelete
  4. Kal bokeh tau nama resotnya apa ya mas..tq

    ReplyDelete
  5. Hi,,,, bagi kawan" yg mo travling or bercuti ke pulau lombok,,, zullombok transport siap menemani anda dngan sopir" yg berpnhalaman, from Airport lombok, contak / watshapp

    + 62 8223 7711 304
    Email : zullombok73@gmail.com

    Salam,,, Zullombok Transport siap mmbrikan layanan prima

    ReplyDelete
  6. Hi,,,, bagi kawan" yg mo travling or bercuti ke pulau lombok,,, zullombok transport siap menemani anda dngan sopir" yg berpnhalaman, from Airport lombok, contak / watshapp

    + 62 8223 7711 304
    Email : zullombok73@gmail.com

    Salam,,, Zullombok Transport siap mmbrikan layanan prima

    ReplyDelete
  7. mantap gan, blognya ramai uye....uyee... jangan lupa kunjungan baliknya gan. siapa tau ada yg minat

    ReplyDelete