Iceland, Exploring Reykjavik


iceland, reykjavik, travelling, iceland flag


" Iceland! "

Tanpa berpikir lagi saya langsung menyebut Iceland, ketika sedang memilih negara mana yang ingin saya kunjungi saat kembali berada di Eropa. Saya sendiri bingung juga mengapa memilih Iceland, karena sepertinya butuh persiapan yang benar - benar matang untuk mengunjungi Iceland. Tetapi mumpung sedang berada di Eropa kenapa tidak memilih Iceland, karena Iceland juga termasuk dalam wilayah Schengen jadi tidak perlu repot dengan urusan visa.

Walaupun terlihat sangat cepat membuat keputusan tetapi sebenarnya memang sudah sejak lama Iceland masuk dalam travel wish list saya. Dari namanya saja sudah terdengar eksotik buat saya, terlebih lagi setelah menonton film " The Secret Life Of Walter Mitty". Bukan saja membuat saya semakin ingin mengunjungi Iceland, tetapi film tersebut juga sukses meyakinkan saya untuk terus ingin pergi ke tempat - tempat yang belum pernah saya kunjungi.

Dikenal dengan julukan " land of fire and ice ", Iceland merupakan tempat dari beberapa Glasier dan Volcano yang paling aktif di dunia. Perpaduan yang unik ini tentunya membuat Iceland memiliki keunikan dan keindahan alam yang luar biasa. Keunikan dan keindahan alam ini yang menarik para wisatawan mengunjungi negara dengan populasi penduduk yang hanya sekitar 300 ribuan orang. Apalagi setelah meletusnya gunung Eyjafjallajökull yang membuat pusing kepala saat mengejanya, Eh maksudnya membuat industri wisata di Iceland menjadi semakin booming.




Seperti mimpi yang menjadi kenyataan rasanya saat pertama kali saya sampai di Reykjavik, ibukota dari Iceland. Sepanjang perjalanan dari bandara Keflavik menuju hotel di pusat kota Reykjavik mata saya tidak berhenti memandang ke luar jendela bus. Dari dalam bus terlihat hamparan tanah lapang berbatu yang hanya ditumbuhi lumut,tidak sedikit pun pepohonan yang terlihat. 

Hari pertama di Iceland saya menghabiskan waktu dengan menjelajahi pusat kota Reykjavik. Saya menuju pusat kota dengan menggunakan bus, untuk naik bus disini kita bisa membayar cash langsung ke sopirnya. Bogor sepertinya harus memberikan predikatnya kepada reykjavik, karena di kota ini sebentar - sebentar turun hujan, membuat jalan - jalan di kota ini selalu basah dan udara pun jadi semakin dingin. Tapi karena seringnya hujan, di kota ini saya jadi bisa melihat pelangi beberapa kali dalam sehari yang seumur - umur rasanya baru kali ini saya alami.


iceland, reykjavik, travelling, rainbow


Saat turun bus hujan pun turun dengan derasnya membuat saya tidak bisa bergerak dari halte bus. setelah melihat sebuah rombongan yang tampaknya seperti rombongan tour masuk ke gedung yang ada di sebrang jalan, saya pun memilih menyebrang dan ikut masuk ke dalam gedung di sebrang jalan daripada menunggu hujan di halte. Dan setelah masuk saya baru tahu kalau itu adalah City Hall kota Reykjavik, padahal sebelumnya di bus saya melototin katalog Reykjavik cityguide terus.

Tidak berapa lama setelah masuk gedung City Hall hujan tampaknya sudah reda. Saya pun keluar gedung City Hall melalui jembatan yang melintasi sisi danau Tjornin. Suasana di sekitar danau ini benar - benar indah dan membuat tenang, Sambil menikmati pemandangan dan suasana danau ini kita juga bisa memberi makan bebek - bebek di danau ini.



iceland, reykjavik, travelling, tjornin pond


Setelah puas menikmati suasana Tjörnin Pond saya melanjutkan perjalanan menyusuri sudut - sudut kota Reykavijk. Pusat kota reykavijk memang benar - benar kecil dengan banyak bangunan dan rumah - rumah yang di cat warna warni, sangat kontras dengan cuaca kota ini yang gloomy. Cuaca yang sebentar - bentar hujan terus pun akhirnya membuat acara jalan - jalan saya menjelajah kota ini menjadi sangat random.

Menjadi salah satu ibukota terkecil di Eropa tidak membuat Reykjavik membosankan untuk di jelajahi. Dari nuansa klasik hingga viking, dari kesederhanaan sebuah kota kecil yang tenang hingga sentuhan modern yang menyatu lewat  seni, kreativitas dan budayanya membuat kota ini menjadi berwarna. Berbagai museum, kafe, restoran dan toko - toko melengkapi suasana kota reykavijk yang sederhana.

Berjalan kaki sangat menyenangkan untuk menjelajahi pusat kota ini, apalagi dengan udara yang bersih dan lingkungan yang nyaman. Dengan latar belakang pegunungan bersalju di kejauhan saya senang sekali berjalan menyusuri sudut - sudut kota ini yang bukan hanya dipenuhi dengan bangunan - bangunan berarsitektur menarik tapi juga dengan sejarah yang tidak kalah menariknya. Pengendara mobil di Reykjavik pun rasanya patut diberikan penghargaan Pengendara paling budiman, karena setiap saya mau menyebrang jalan para pengendara mobil disini pasti akan berhenti untuk menunggu saya menyebrang jalan. Keren banget !
 
Gereja Hallgrímskirkja merupakan salah satu ikon kota Reykjavik yang wajib untuk dikunjungi. Gereja berbentuk unik ini memiliki tinggi 73 meter menjulang tinggi diantra bangunan - bangunan yang lain. Kita bisa naik ke bagian atas gereja ini dan melihat pemandangan kota Reykjavik yang indah dari ketinggian gereja ini.  


iceland, reykjavik, travelling, Hallgrímskirkja, gereja Hallgrímskirkja, Hallgrímskirkja curch

iceland, reykjavik, travelling,

iceland, reykjavik, travelling, Hallgrímskirkja, gereja Hallgrímskirkja, Hallgrímskirkja curch
 
iceland, reykjavik, travelling,

iceland, reykjavik, travelling,

iceland, reykjavik, travelling,

iceland, reykjavik, travelling,the sun voyager

iceland, reykjavik, travelling,

iceland, reykjavik, travelling, tjornin pond

iceland, reykjavik, travelling, tjornin pond

iceland, reykjavik, travelling,

iceland, reykjavik, travelling, tjornin pond

iceland, reykjavik, travelling,

iceland, reykjavik, travelling, the house of parliament iceland

iceland, reykjavik, travelling, stones

iceland, reykjavik, travelling, tjornin pond, reykjavik city hall


Kota Reykjavik seperti memberikan atmosfer dan energi yang apa adanya untuk saya. kemurnian energi kota ini bisa membuat saya kembali berpikir lagi tentang hal - hal yang paling mendasar dari kemanusiaan.


Happy Travelling and have yourself a fulfilling journey !

4 comments:

  1. Hai salam kenal, boleh minta alamat emailnya untuk tanya-tanya tentang iceland? :)

    ReplyDelete
  2. Hai salam kenal juga ya. Boleh aja, email saya sammy_mmysa@yahoo.com.

    ReplyDelete
  3. saya akhir tahun ada rencana ke sini, tak sengaja mampir di blogmu. Thanks to google :) Salam kenal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, sukses buat rencana liburannya ya

      Delete